Pasca Banjir dan Tanah Longsor, Pemkab Tetapkan Tanggap Darurat

0
139

MOROTAI,HR—Sejak tanggal 21 kemarin, Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) resmi menetapkan bahwa bencana lonsor dan banjir yang terjadi di Desa Yao Kecamatan Morotai Utara (Morut) beberapa hari lalau yang hingga menewaskan satu warga setempat itu masuk dalam tanggap darurat.
“Jadi penetapan tanggap darurat itu sejak tanggal 21 kemarin hingga terhitung Sembilan hari kedepan sejak tanggal di tetapkan. Jadi dia sudah masuk tanggap darurat karena ada yang tewas karena longsor dan banjir,” aku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Pulau Morotai, Dalik Gafur, Senin (24/06) kemarin.
Ditanya soal kerusakan pasca terjadi banjir, Kadis menjelaskan, dalam musiba tersebut, tidak terjadi kerusakan pada rumah warga. “Yang rusak itu cuma jalan, tapi kalau rumah warga itu tidak rusak hanya di genangi air saja,” katanya.
Ditanya kembali pasca bencana, bantuan apa yang sudah diberikan Pemda kepada korban bencana, Kadis mengatakan, untuk bantuan sendiri sudah didistribusi ke warga. “Untuk bantuan untuk kebutuhan dasar (makanan), kita sudah distribusi ke warga,” ungkapnya.
“Kita juga bakal berikan santunan kepada korban meninggal dunia, dan rumah warga yang rusak jika ada. Menggunakan dana siap pakai dari Pemda. Dan itu sudah disiapkan semua,” tandasnya.(lud)

 

Tinggalkan Balasan